#2015BestNine on My Instagram


Hari ini banyak sekali postingan #2015bestnine entah di Ask.Fm maupun Instagram. Aku kemudian iseng-iseng nyoba, dan kalau diperhatiin #2015bestnine ku yang foto makanan kalau ditarik garis bakal jadi simbol segitiga terbalik.
#barunyadar

ILLUMINATI MODE : ON

Mau cerita dibalik foto #2015bestnine aja deh. Here we go :



1. PAPEDA

Weh itu juga bentuknya segitiga terbalik, kalau versi positive thinking nya mah itu telinga Mickey Mouse. Lucu ya? Apa? Nggak lucu? Ah, jangan bohong deh.

Aku kalau sedang liburan pulang kampung punya beberapa agenda wajib yang harus dilakuin. Salah satunya MAKAN PAPEDA (atau popeda?) ini juga sebenernya karena sebelumnya dapet undangan makan dari tetangga, sama kayak kalau Lebaran kurang afdhol rasanya kalau belum makan Coto Makassar. Tapi, lebaran kemarin tetangga ku yang rumahnya cuma berjarak lima langkah dari rumah ku udah pindah. Agak sedih sih, soalnya aku lumayan suka sama anak bungsu di rumah itu, anaknya lucu hiperaktif dan punya logat, hahaha, cute banget lah pokoknya, luv.

Alhamdulillah, emang udah jadi kebiasaan atau gimana, H+gatau berapa lebaran tetangga ku itu main ke rumah, ngobrol ala ibu-ibu lah pokoknya, terus nanya kapan aku+adek ku+kakak ku balik ke tempat rantauan masing-masing terus kami diundang makan Papeda. Aku langsung seneng, tbh aku emang udah nunggu buat undangannya sih, hehe, soalnya makanannya enak:3

Jadilah aku makan Papeda. Papeda itu tepung sagu yang disiram air mendidih terus diaduk sampai lengket dan kenyal kayak lem, cara makannya begitu masuk mulut langsung ditelen, kalau dikunyah bakal berubah kembali jadi air. Sebelum dimakan, papeda nya di cubit-cubit jadi gumpalan kecil (yekali lo mau masukin satu gumpalan gede langsung ke mulut? itu mulut manusia apa mulut kudanil), karena emang pada dasarnya papeda itu lengket jadi makannya pakai kuah ikan kuning (ENAK BANGET, GAK BOONG), untuk pelengkap biasanya disediain kasbi rebus, pisang rebus, sayur daun kasbi, dabu-dabu kacang, dabu-dabu beo, ikan goreng.

Kasbi = Singkong
Dabu-dabu = Sambal

2. Study Tour #ABY16GoesToAppleCity

Pas masih di hotel, habis sarapan, aku sama Ula explore bagian-bagian hotel. Biasalah anak-anak kurang kerjaan yang tidak bisa duduk manis. Sebenarnya aku nggak mau post foto itu tapi saat itu lagi ada sedikit masalah antara akun facebook ku dengan akun instagram ku yang lain. Jadi tiap ada temen facebook yang bikin IG, ntar notif nya malah muncul di 2nd akun IG ku, makanya aku post foto tersebut lalu aku share ke facebook biar notif nya masuk ke akun IG ku yang pertama.
photo taken by : Nuwailah Nuh yang habis punya saudara ipar (aku doakan kamu cepat menyusul)

3. Cumi Balado

Waktu itu Abi pulang bawa Cumi-cumi satu ekor yang gede banget (first time liat cumi segede itu). Terus ku masak balado gara-gara waktu praktek masak SBK di sekolah kelompok ku masak itu, sebelumnya aku juga udah coba masak Cumi Balado tapi pake cumi-cumi yang kecil dan hasilnya bukan merah tapi malah item:( rasanya pedes tapi tampilannya kayak dikasih kecap, tinta-tinta tak tahu diri memang. Aku cuma masak setengah ekor, setengahnya lagi di goreng tepung.

4. Sibela Mount

Shofwa yang ngerasa loneliness di rumah memutuskan untuk berjalan-jalan sebentar. Kak Muna sama Nadia belum ada di rumah, jadi nggak punya temen #anaknyaAnSos
Itu gunung-nya Bacan dan bukan gunung yang aktif, sekilas mirip Tangkuban Perahu kan? Shofwa kecil pernah ngayal kalau di puncak gunung tersebut ada rumahnya raksasa.

5. Greeting from Reykjavik, Iceland

Ceritanya, aku nemu akun di Ask.Fm. Cewek Indonesia yang sekarang tinggal di Iceland, nah kakak nya lagi buka free-sign (kalau sekarang udah berbayar, huhu) sekalian mau nge-promosiin Iceland karena banyak yang belum tau soal Iceland. Yaudah aku ikutan minta dibuatin sign, awalnya cuma buat ku doang tapi aku bilang ke kakak nya gini "By the way, boleh nitip dua foto nggak kak? Soalnya akhir november kakak ku ulang tahun." terus e-mail ku di balas, "Hallo! Sebenernya rules nya ga boleh nitip tapi berhubung untuk birthday wishes aku tulisin ya^^"

Kakaknya memang baik:) Jadilah aku punya birthday greeting from Iceland.

6. Bintang Laut

Ini waktu acara halal bi halal di Nusa Raaaaa, ya ampun, pengen kesana lagi bareng temen-temen. Bintang Laut kayak gitu emang sering banget ditemuin di Nusa Ra/pantai lainnya. Bocah-bocah ngambilin banyak banget terus di bawa ke tepi pantai buat mainan, kayak gak mikir kalau bintang laut itu makluk hidup:') Tapi akhirnya kita kembaliin ke laut lagi kok (meski beberapa cuma di lempar doang).

7. Friendship

Masih di acara yang sama, yaitu halal bi halal. Meskipun aku tahu aturan "bawalah pakaian ganti ketika ke pantai walau pun tidak memiliki niat untuk berenang" tapi tetep aja aku nggak bawa baju ganti waktu ke Nusa Ra. Pikir ku, aku bakal dimintai tolong para Ummi untuk bantu-bantu nyiapin makanan. Faktanya, banyak amah-amah yang jadi sukarelawan hingga membuat ku serta teman-teman menjadi pengangguran. Aku sama temen-temen mainku sejak jaman SD yang masih polos sampai jadi senior di SMA tapi kelakuan masih nggak sadar umur akhirnya memutuskan buat foto-foto biar punya kenangan yang tersimpan dan tak terlupakan. Kak Muna sibuk ngobrol sama kakak kelasnya yang keluarganya baru pindah ke Bacan, namanya kak Nadia. Ketika aku masuk ABY, di tahun yang sama kak Nadia lulus dari ABY, jadi aku nggak terlalu kenal.

Setelah beberapa saat, kami bosan ( kami = Aku dan Ifah serta para adik-adik), kak Muna juga bosen, kak Nadia juga nggak tau mau ngapain. Lalu kami melihat ada perahu karet yang terdampar manis di pesisir pantai

Kak Nadia : Eh, itu perahunya boleh dipake nggak ya
Kak Muna : Nggak tau
Kak Nadia : Coba yuk, kesana
Kak Muna : Boleh

Aku dan Ifah yang lebih muda dari mereka berdua hanya mengekor, para adik-adik yang jauh lebih muda ikut mengekor pula tanpa banyak bicara. Ternyata perahu karet nya boleh dipake, kapasitasnya cuma empat orang. Alhasil, yang naik cuma Aku, Ifah, kak Muna, dan kak Nadia. Maaf ya para adik, ini saat nya kalian ngalah dulu untuk kakak-kakak kalian yang udah sering ngalah^^

Dan entah kenapa, aku dan Ifah lebih jago ndayung jadi kami berdua lebih banyak berurusan dengan dayung sedangkan para kakak yang lebih tua sibuk mempromosikan Nusa Ra


8. Pancake Essen

Essen adalah toko roti yang berjarak 500 meter dari Asrama dan merupakan destinasi yang sering dipilih untuk mencari Wi-Fi (tapi ternyata lelet kalau buat download). Menu favoritku adalah Risol Mayonnaise, sejauh ini belum ada yang ngalahin Risol Mayo di Essen. Murah pula. Essen juga terkenal akan pancake nya, menu yang aku pesan saat pertamakali ke Essen adalah Pancake Keju Spesial. Sedangkan yang ada di foto adalah Pancake Oreo Keju. Kalau tidak salah, saat itu kami sedang libur lalu brunch di Essen.

9. Jembatan Batu Bacan

Aku inget banget kenapa bisa kesini, haha. Waktu itu lagi acara makan-makan bakso di rumah Kak Nadia terus Balqis minta ditemenin cari pulsa. Pergilah aku dan Balqis ke warung yang jualan pulsa, begitu mau balik ke rumah kak Nadia lagi tiba-tiba Balqis ngajak jalan-jalan dulu. Berhubung aku udah makan bakso, yaudah aku iyain aja. Ternyata Balqis mau silaturrahmi ke rumah orang tua-nya si doi (status kalian apa sih dulu? pacaran? atau apa?:v), aku langsung ketawa, agak-agak aneh gitu soalnya belum pernah sendirian silaturrahmi ke rumah orang. Waktu sampe di rumahnya, kita parkir motor di luar pagar terus ngintip dari luar, ternyata tuan rumah sedang ada tamu. Terus Balqis ngajakin pergi bentar, sampailah kita berdua di Jembatan Batu Bacan. Ternyata itu jembatan biasa aja, tak memberiku kesan apapun. Foto-foto bentar, lalu kembali meluncur ke rumah kak Nadia dan ngelewatin rumah orang tua nya doi lagi tapi masih ada tamu jadinya gagal deh silaturrahminya, hehe.
photo taken by : balqisqonita yang sedang berusaha untuk masuk ke FK

0 komentar