Hafizhah Pertama KLASIK

Sebenernya, bagi sebagian dari kalian, mungkin mendengar seseorang menjadi hafizhah adalah hal yang biasa, i'm right? Selama ini aku juga gitu kok, biasa aja, kayak "wah, dia udah hafal qur'an. Sama kayak hal-hal lain, misal si fulan kuliah di Oxford, si fulanah kuliah di Cairo, si anu udah travelling ke beberapa negara, si ano menguasai banyak bahasa.

Biasa aja, cuma wow bentar terus udah, gak pake acara cerita heboh ke temen dan lain-lain, ya karena : Pertama, aku nggak kenal sama yang bersangkutan. Kedua, pasti banyak orang yang langsung terinspirasi/jatuh hati sama yang bersangkutan (salah satu alasan aku jarang mengidolakan orang adalah karena aku tau orang tersebut udah di-idolakan sama banyak orang) terkecuali kalau emang bener-bener bisa mempengaruhi pikiran ku. Ketiga, aku nggak melihat sendiri perjuangannya dari awal. Keempat, kenapa kita mengidolakan banyak orang sedangkan kita bisa mengidolakan diri sendiri? #EA #selfconfidentmeroket #akusiapa

Tapi hari ini, eh bukan, tapi sekitar satu bulan yang lalu pandangan ku terhadap satu hal berubah. Apa lagi kalau bukan tentang penghafal qur'an?

Jadi sejak tahun lalu yayasan MULIA mengadakan acara yang namanya Haflah Khotmil Qur'an. Inti acara tersebut adalah untuk me-wisuda siswa/i yang sudah memiliki hafalan yang jumlahnya mencapai batas minimal yang ditentukan panitia. Kita bakal maju ke panggung lalu membaca beberapa ayat dari suatu surah. Ngomong-ngomong Yayasan MULIA adalah yayasan yang membawahi TK IT Muadz bin Jabal, SD IT Lukman Al-Hakim, SMP IT Abu Bakar, dan SMA IT Abu Bakar.

Total murid SMA IT yang ikut Haflah tahun ini ada 73 anak, sedikit? dibandingkan tahun lalu, jumlahnya justru meningkat. Lagi pula ada beberapa anak yang hafalannya mencukupi tapi tidak ikut karena waktunya terbentur dengan acara lain. Target minimal nya sekian juz, untuk ukuran anak SMA bisa dibilang dikit, dikit banget malah.

Bulan lalu, saat ustadzah tahfidz mendata siapa aja anak-anak KLASIK yang bakal ikut. Aku baru tau kalau Ainun  udah nyelesein hafalannya.

UDAH SELESAI! 30 JUZ!

Reaksi pertama? Kaget.

Kenapa aku kaget begitu tau Ainun udah menyelesaikan hafalannya? Karena setauku dia masih kurang beberapa surah sebelum menyempurnakan 30 juz, dan dia nggak pernah mau jawab kalau ditanya berapa juz yang dia hafal. Selalu geleng-geleng atau cuma diem. Kalau nggak ada acara Khotmil Qur'an kayaknya aku nggak bakal tau dia udah jadi hafizhah.

Hari ini, Ahad 20 Desember 2015, Ainun nerima reward dari sekolah bersama dengan satu orang siswa SMP yang juga udah hafiz. Kalian bisa nebak sendiri reward apa yang dia dapet dengan melihat foto di atas. Nggak perlu di jelasin lah ya. Ainun itu siswi pindahan, dia masuk ke sekolah ku kelas 10 semester genap, waktu itu hafalannya baru 4 juz.

Dipikir-pikir, dari empat kriteria mencari Istri ala hadist. Ainun sudah memenuhi semuanya. Wajah? cantik kok. Harta? Bisa-bisaa. Nasab? Yang aku lihat sih, baik. Agama? Nggak usah di tanya lagi deh. Dia juga bisa ngerajut, mana otodidak pula, nggak paham lagi sama anak satu ini. Skill bahasa nya juga oke, kata kak Adrian di suatu malam :

KA : Ada dua anak diantara kalian  yang kemampuannya udah jauh banget, kalian udah nggak level lagi sama mereka berdua.
K : Woooooo.
KA : Loh, beneran. Pas aku liat kertas jawaban nya aku mikir, "Wah, gila. Ini mah udah jago."
K : Siapa kak?
KA : Ainun dan Lusi.

Kak Adrian itu anak Psikologi UGM yang ngajar Bahasa Inggris buat bimbel malam di kelas ku.

Sekarang aku punya temen sekelas yang juga penghafal qur'an. Untuk kali ini aku takjub, takjub karena aku melihatnya membuka kitab suci tiap istirahat. Karena sifat tidak-mau-memberitahu-jumlah-hafalannya. Karena ia tidak tertular sifat yang tidak menguntungkan di sekitarnya. Karena Ainun berhasil di SMA IT. Ya gimana sih ya, sekolah ku itu meskipun ada embel-embel Islam Terpadu tapi dalem nya nggak islam-islam banget. Kayak setengah islam setengah negeri. Ada yang sholeh/ah ada yang sedengan. Intinya mah, bakalan susah kalau emang niat nya nggak kuat. Mudah-mudahan Ainun bisa menginspirasi siswi lain. Niat baik nya semoga bisa menular ke personil KLASIK yang lain. Aamiin.

Tahun depan Ainun bakal ke Thailand  buat mengikuti acara Astronomi bareng satu siswa dari sekolah lain. Mereka berdua yang ngewakilin Indonesia di acara tersebut. Level nya tingkat ASEAN. Ini aja aku denger dari temen (maaf, efek gak bawa hp, kudet akan segala hal). Aku belum tau pasti acara apa, yang jelas, doanya jangan lupa supaya segalanya lancar.
(RALAT : Ternyata bukan cuma dua orang, tapi dari Indonesia ada beberapa orang. Asumsi ku sih Ainun bakal ikut  NARIT ASEAN Astronomy Camp 2016.
RALAT 2 : Ainun emang ikut NARIT ASEAN Astronomy Camp 2016)
Bye..

waving
shofwamn

0 komentar