Berburu Hilal


Finally! Setelah terakhir kali melakukan pengamatan gerhana bulan dan disibukkan oleh UKK, kami berkesempatan ikut dalam rukhyatul hilal. Beberapa hari sebelum pengamatan kami harap-harap cemas soalnya ust Herdi sama sekali nggak ngontak atau ngirim sms apapun.

Karena bete ada di uncomfortable zone dan amit-amit jadi korban PHP. Aku berinisiatif sms ustad Herdi.
“Assalamualaikum Us, kita bakal ada pengamatan Hilal nggak?”
“Wslm, belum tau. Lagi nunggu info.”

Itu percakapan hari jumat kalau nggak salah, karena sampai ahad nggak ada kabar lagi. Si Dhila kontak ke ustad juga, aku nggak tau gimana pertanyaannya, yang jelas kami akhirnya dapat kepastian kalau rombongan dari SMA IT bakal berangkat selasa siang ba’da dhuhur

Pikiran pertama, “lah? Kalau berangkat ba’da dhuhur mau liat apaan? Matahari?”
Pikiran habis pengamatan, “Misalnya berangkat ba’da dhuhur kan bisa main di Parangtritis dulu.”
Nyesel? Dikit.

Awalnya ustad ngasih kuota akhwat 5 orang. Berhubung Hilma, Ula, dan Maya yang maret lalu ikut dalam pengamatan gerhana bulan tapi udah pada pulang ke rumah tercinta (kecuali maya yang nyasar ke kondangan di Bandung). Aku, Tyas, sama Dhila nyari personil lain dan sukses mengajak dua orang adek kelas tapi pas hari H satu orang adek kelas nggak jadi ikut kemudian diganti sama Niswah&Tresna. Akhirnya, jumlah rombongan akhwat ada enam orang.

Namanya juga orang Indonesia, kalau nggak molor nggak seru. Rencana awal berangkat ba’da duhur, realitanya kami berangkat ba’da ashar. Nggak bisa disebut molor juga sih soalnya siang itu ada rapat guru.
Sebelum berangkat ustad Herdi bilang, “Ini cuma formalitas doang ya, soanya hilal nya belum keliatan.”

YA KALIK US, MAU FORMALITAS KEK, MAU NUMPANG NYETOR MUKA KEK, KITA UDAH SENENG DIAJAK PENGAMATAN. APALAGI BISA PULANG MALEM. MANA ADA KESEMPATAN LANGKA DISIA-SIA IN



Itu bukan hilal, itu penampakan matahari yang mau terbenam. Jadi, setelah kita sampai di lokasi aku kan nggak bisa ngerakit teleskop (mau-mau aja sih belajar, cuma udah mepet tuh waktunya #ngeles) makanya aku, Tyas, sama Dhila jalan-jalan ke atas, soalnya lokasi pengamatan di pertengahan jalan mau ke makam jadi masih bisa ke atas. Pemandangan pantainya kece euy, sunset nya juga bagus kan? Btw, itu foto bukan aku yang bidik tapi Dhila.

Di tempat pengamatan udah ada banyak orang, mana mereka pada pegang kardus snack pula, padahal kami nggak dapat, mungkin kami invisible team kali ya sampe nggak ditawarin snack. Astaghfirullah, positive thinking lah shof.

Oh, tentu aja kami nggak lupa foto bareng teleskop dan banner ABATE tercinteh. Karena emang Hilal nggak keliatan dan kami nggak respect cuma bisa liat awan orange akhirnya teleskop sekolah dimasukin lagi ke kardusnya. Sebelum turun, kami mampir dulu ke tempat dimana ada kamera MetroTV dan TVOne. Bukan, kami bukan pengen numpang narsis pengen masuk tipi atau pengen jadi background nya si reporter. Kami pengen nyoba teleskop yang ada, yang resolusinya lebih bagus dari punya sekolah. Aku sempet liat planet Jupiter sama beberapa satelit alaminya, langit nya tumben cerah. Meskipun pas liat Jupiter penampakannya kayak liat bulan dengan ukuran 10 kali lebih kecil alias si Jupiter kayak bola kuning-orange terang yang kecil, tentu aja satelitnya lebih kecil, hampir seperti titik kuning. Kalau nggak salah aku liat pake teleskopnya Taman Pintar.

Nggak liat Hilal, liat Jupiter pun jadi

Setelah itu kami pulang deh, si Tresna, Niswah, sama Tyas bantuin ngangkut teleskop sekolah ke mobil ELF. Kami juga mampir ke masjid dulu buat Salat Maghrib.

Dan semua petualangan ini berakhir pada satu tempat, SAMBEL LAYAH! haha, dinner more more important before go back to dorm. Ceritanya habis dari masjid tiba-tiba ustad Edy nanya, “pada mau makan dimana?” aku nggak jawab soalnya lagi fokus liat video, yang ikhwan juga kayaknya manut  aja, nah, setelah melewati berbagai perundingan temen-temen ku yang akhwat  kompak jawab “di sambel layah aja us,” jadilah kita nyasar di tempat makan yang malam itu rame.
Menunya cukup buat ngenyangin isi perut. Setelah makan ustad Edy berkata

“Makasih yang udah mau repot berpartisipasi dalam pengamatan kali ini.”

Kami : *anguk-angguk kepala penuh khidmat* “iya us, kita juga makasih udah diajak.”

(Ustad Edy noleh ke Ustad Herdi)
“Us, tolong yang September disiapkan ya. Buat pengamatan gerhana.”


Kami : (dalam hati) YES! TAHUN INI ADA PENGAMATAN LAGI!


0 komentar